Komputer
grafis adalah grafis yang dibuat dengan menggunakan komputer dan
representasi data citra oleh komputer khusus dengan bantuan dari
hardware grafis khusus dan software.
Interaksi dan pemahaman tentang komputer dan interpretasi data telah dibuat lebih mudah karena komputer grafis. Pengembangan
komputer grafis memiliki dampak yang signifikan pada banyak jenis media
dan telah merevolusi animasi, film dan industri video game.
Komputer
grafis istilah telah digunakan dalam arti luas untuk menggambarkan
"hampir semua yang ada di komputer yang tidak teks atau suara". Biasanya, istilah komputer grafis mengacu pada beberapa hal yang berbeda:
Komputer grafis tersebar luas saat ini. Citra
komputer ditemukan di televisi, di koran-koran, misalnya dalam laporan
cuaca, atau misalnya dalam semua jenis penyelidikan medis dan prosedur
bedah. Sebuah
grafik yang dibangun dengan baik dapat menyajikan statistik kompleks
dalam bentuk yang lebih mudah untuk memahami dan menafsirkan. Dalam media "grafik tersebut digunakan untuk menggambarkan makalah, laporan, tesis", dan materi presentasi lainnya.
Shading mengacu pada kedalaman Menggambarkan dalam model 3D atau ilustrasi oleh berbagai tingkat kegelapan. Ini
adalah proses yang digunakan dalam menggambar untuk menggambarkan
tingkat kegelapan di atas kertas dengan menerapkan media yang lebih
padat atau dengan warna yang lebih gelap untuk daerah gelap, dan kurang
padat atau dengan warna yang lebih ringan untuk area yang lebih terang. Ada
berbagai teknik shading termasuk lintas menetas di mana garis tegak
lurus dari berbagai kedekatan diambil dalam pola grid untuk naungan
suatu daerah. Semakin dekat garis bersama-sama, semakin gelap daerah muncul. Demikian pula, jauh terpisah garis, semakin ringan daerah muncul. Istilah baru-baru ini umum berarti bahwa shader diterapkan.
Pemetaan tekstur
Pemetaan
tekstur adalah metode untuk menambahkan detail, tekstur permukaan, atau
warna grafis yang dihasilkan komputer atau model 3D. Aplikasi untuk grafis 3D dirintis oleh Dr Edwin Catmull pada tahun 1974. Sebuah peta tekstur diterapkan (dipetakan) ke permukaan bentuk, atau poligon. Proses ini mirip dengan menerapkan kertas bermotif ke kotak putih polos. Multitexturing
adalah penggunaan lebih dari satu tekstur pada suatu waktu pada tekstur
polygon.Procedural (dibuat dari menyesuaikan parameter algoritma yang
mendasari yang menghasilkan tekstur output), dan tekstur bitmap (dibuat
dalam sebuah aplikasi editing gambar atau diimpor dari kamera digital )
yang, secara umum, metode umum pelaksanaan definisi tekstur pada model
3D dalam perangkat lunak komputer grafis, sementara dimaksudkan
penempatan tekstur ke permukaan model sering membutuhkan teknik yang
dikenal sebagai pemetaan UV (sewenang-wenang, tata letak manual
koordinat tekstur) untuk permukaan polygon, sedangkan permukaan NURBS memiliki parameterisasi intrinsik mereka sendiri digunakan sebagai koordinat tekstur.
Anti-aliasing
Rendering
resolusi-independen entitas (seperti model 3D) untuk melihat pada
raster (berbasis pixel) perangkat seperti layar LCD atau televisi CRT
pasti menyebabkan aliasing artefak sebagian besar di sepanjang tepi
geometris dan batas-batas detail tekstur, artefak tersebut secara
informal disebut "jaggies". Metode
anti-aliasing memperbaiki masalah tersebut, sehingga citra yang lebih
menyenangkan untuk penonton, tapi bisa agak komputasi mahal. Berbagai
algoritma anti-aliasing (seperti supersampling) dapat digunakan,
kemudian disesuaikan untuk kinerja render yang paling efisien
dibandingkan kualitas citra yang dihasilkan, seorang seniman grafis
harus mempertimbangkan trade-off jika metode anti-aliasing yang akan
digunakan. Sebuah
tekstur bitmap pra-anti-alias yang ditampilkan pada layar (atau lokasi
screen) pada resolusi yang berbeda dari resolusi tekstur itu sendiri
(seperti model bertekstur dalam jarak dari kamera virtual) akan
menunjukkan artefak aliasing, sementara ada tekstur
didefinisikan secara prosedural akan selalu menampilkan artefak
aliasing karena mereka resolusi-independen; teknik seperti mipmapping
dan tekstur penyaringan bantuan untuk memecahkan masalah aliasing
tekstur-terkait.
Volume render [sunting]
Volume diberikan CT scan lengan dengan skema warna yang berbeda untuk otot, lemak, tulang, dan darah.
Volume render adalah teknik yang digunakan untuk menampilkan proyeksi 2D dari kumpulan data discretely sampel 3D. Satu set data 3D khas adalah sekelompok slice gambar 2D diakuisisi oleh CT atau MRI scanner.
Noll
adalah salah satu peneliti pertama yang menggunakan komputer digital
untuk menciptakan pola artistik dan untuk meresmikan penggunaan proses
acak dalam penciptaan seni rupa. Dia mulai menciptakan seni komputer digital pada tahun 1962, membuatnya salah satu seniman komputer digital awal. Pada
tahun 1965, Noll bersama Frieder Nake dan Georg Nees adalah yang
pertama untuk secara terbuka menunjukkan seni komputer mereka. Selama bulan April 1965, Howard Wise Gallery dipamerkan seni komputer Noll bersama dengan acak-dot pola oleh Bela Julesz.
Studi
tentang komputer grafis adalah sub-bidang ilmu komputer yang
mempelajari metode untuk mensintesis digital dan memanipulasi konten
visual. Meskipun istilah sering mengacu pada komputer grafis tiga dimensi, juga mencakup grafis dua dimensi dan pengolahan citra.
Sebagai
disiplin akademis, komputer grafis mempelajari manipulasi informasi
visual dan geometris dengan menggunakan teknik komputasi. Ini berfokus pada dasar-dasar matematika dan komputasi generasi gambar dan pengolahan bukan masalah estetika murni. Komputer grafis sering dibedakan dari bidang visualisasi, meskipun dua bidang memiliki banyak kesamaan.
Aplikasi [sunting]
Portal grafis Portal ikon Komputer
Portal icon Portal Ilmu Komputer
Komputer grafis dapat digunakan dalam bidang-bidang berikut:
Biologi komputasi
Fisika komputasi
Computer-aided design
Simulasi komputer
Seni digital
Pendidikan
Desain grafis
Infografis
Visualisasi informasi
Rancangan obat rasional
Visualisasi ilmiah
Video Game
Virtual reality
Web design
Tidak ada komentar:
Posting Komentar