Senin, 30 Desember 2013

KOMPUTER GRAFIS

Komputer grafis adalah grafis yang dibuat dengan menggunakan komputer dan representasi data citra oleh komputer khusus dengan bantuan dari hardware grafis khusus dan software.
Interaksi dan pemahaman tentang komputer dan interpretasi data telah dibuat lebih mudah karena komputer grafis. Pengembangan komputer grafis memiliki dampak yang signifikan pada banyak jenis media dan telah merevolusi animasi, film dan industri video game.

Komputer grafis istilah telah digunakan dalam arti luas untuk menggambarkan "hampir semua yang ada di komputer yang tidak teks atau suara". Biasanya, istilah komputer grafis mengacu pada beberapa hal yang berbeda:

 

Komputer grafis tersebar luas saat ini. Citra komputer ditemukan di televisi, di koran-koran, misalnya dalam laporan cuaca, atau misalnya dalam semua jenis penyelidikan medis dan prosedur bedah. Sebuah grafik yang dibangun dengan baik dapat menyajikan statistik kompleks dalam bentuk yang lebih mudah untuk memahami dan menafsirkan. Dalam media "grafik tersebut digunakan untuk menggambarkan makalah, laporan, tesis", dan materi presentasi lainnya.




    
Shading mengacu pada kedalaman Menggambarkan dalam model 3D atau ilustrasi oleh berbagai tingkat kegelapan. Ini adalah proses yang digunakan dalam menggambar untuk menggambarkan tingkat kegelapan di atas kertas dengan menerapkan media yang lebih padat atau dengan warna yang lebih gelap untuk daerah gelap, dan kurang padat atau dengan warna yang lebih ringan untuk area yang lebih terang. Ada berbagai teknik shading termasuk lintas menetas di mana garis tegak lurus dari berbagai kedekatan diambil dalam pola grid untuk naungan suatu daerah. Semakin dekat garis bersama-sama, semakin gelap daerah muncul. Demikian pula, jauh terpisah garis, semakin ringan daerah muncul. Istilah baru-baru ini umum berarti bahwa shader diterapkan.
Pemetaan tekstur
    
Pemetaan tekstur adalah metode untuk menambahkan detail, tekstur permukaan, atau warna grafis yang dihasilkan komputer atau model 3D. Aplikasi untuk grafis 3D dirintis oleh Dr Edwin Catmull pada tahun 1974. Sebuah peta tekstur diterapkan (dipetakan) ke permukaan bentuk, atau poligon. Proses ini mirip dengan menerapkan kertas bermotif ke kotak putih polos. Multitexturing adalah penggunaan lebih dari satu tekstur pada suatu waktu pada tekstur polygon.Procedural (dibuat dari menyesuaikan parameter algoritma yang mendasari yang menghasilkan tekstur output), dan tekstur bitmap (dibuat dalam sebuah aplikasi editing gambar atau diimpor dari kamera digital ) yang, secara umum, metode umum pelaksanaan definisi tekstur pada model 3D dalam perangkat lunak komputer grafis, sementara dimaksudkan penempatan tekstur ke permukaan model sering membutuhkan teknik yang dikenal sebagai pemetaan UV (sewenang-wenang, tata letak manual koordinat tekstur) untuk permukaan polygon, sedangkan permukaan NURBS memiliki parameterisasi intrinsik mereka sendiri digunakan sebagai koordinat tekstur.
Anti-aliasing
    
Rendering resolusi-independen entitas (seperti model 3D) untuk melihat pada raster (berbasis pixel) perangkat seperti layar LCD atau televisi CRT pasti menyebabkan aliasing artefak sebagian besar di sepanjang tepi geometris dan batas-batas detail tekstur, artefak tersebut secara informal disebut "jaggies". Metode anti-aliasing memperbaiki masalah tersebut, sehingga citra yang lebih menyenangkan untuk penonton, tapi bisa agak komputasi mahal. Berbagai algoritma anti-aliasing (seperti supersampling) dapat digunakan, kemudian disesuaikan untuk kinerja render yang paling efisien dibandingkan kualitas citra yang dihasilkan, seorang seniman grafis harus mempertimbangkan trade-off jika metode anti-aliasing yang akan digunakan. Sebuah tekstur bitmap pra-anti-alias yang ditampilkan pada layar (atau lokasi screen) pada resolusi yang berbeda dari resolusi tekstur itu sendiri (seperti model bertekstur dalam jarak dari kamera virtual) akan menunjukkan artefak aliasing, sementara ada tekstur didefinisikan secara prosedural akan selalu menampilkan artefak aliasing karena mereka resolusi-independen; teknik seperti mipmapping dan tekstur penyaringan bantuan untuk memecahkan masalah aliasing tekstur-terkait.
Volume render [sunting] Volume diberikan CT scan lengan dengan skema warna yang berbeda untuk otot, lemak, tulang, dan darah.
Volume render adalah teknik yang digunakan untuk menampilkan proyeksi 2D dari kumpulan data discretely sampel 3D. Satu set data 3D khas adalah sekelompok slice gambar 2D diakuisisi oleh CT atau MRI scanner.
    
Noll adalah salah satu peneliti pertama yang menggunakan komputer digital untuk menciptakan pola artistik dan untuk meresmikan penggunaan proses acak dalam penciptaan seni rupa. Dia mulai menciptakan seni komputer digital pada tahun 1962, membuatnya salah satu seniman komputer digital awal. Pada tahun 1965, Noll bersama Frieder Nake dan Georg Nees adalah yang pertama untuk secara terbuka menunjukkan seni komputer mereka. Selama bulan April 1965, Howard Wise Gallery dipamerkan seni komputer Noll bersama dengan acak-dot pola oleh Bela Julesz.

Studi tentang komputer grafis adalah sub-bidang ilmu komputer yang mempelajari metode untuk mensintesis digital dan memanipulasi konten visual. Meskipun istilah sering mengacu pada komputer grafis tiga dimensi, juga mencakup grafis dua dimensi dan pengolahan citra.
Sebagai disiplin akademis, komputer grafis mempelajari manipulasi informasi visual dan geometris dengan menggunakan teknik komputasi. Ini berfokus pada dasar-dasar matematika dan komputasi generasi gambar dan pengolahan bukan masalah estetika murni. Komputer grafis sering dibedakan dari bidang visualisasi, meskipun dua bidang memiliki banyak kesamaan. Aplikasi [sunting] Portal grafis Portal ikon Komputer Portal icon Portal Ilmu Komputer
Komputer grafis dapat digunakan dalam bidang-bidang berikut:

    
Biologi komputasi
    
Fisika komputasi
    
Computer-aided design
    
Simulasi komputer
    
Seni digital
    
Pendidikan
    
Desain grafis
    
Infografis
    
Visualisasi informasi
    
Rancangan obat rasional
    
Visualisasi ilmiah
    
Video Game
    
Virtual reality
    
Web design

Tidak ada komentar:

Posting Komentar